Seminar Cuan 02 Agustus 2021

Bagi kita yang ingin berwirausaha khusus nya UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) apa sih yg harus kita lakukan, mungkin disini saya akan sedikit membagi tips dan pengalaman saya, kita harus melakukan ECHO
Efisien
Efisiensi adalah sebuah upaya yang kita lakukan agar mampu menghasilkan output sebaik mungkin dan seoptimal mungkin
Dalam artian saya akan beri contoh, saya menjual es cendol, sedangkan di daerah telanai ada 3 penjual es cendol, nah bagai mana agar orang lebih memilih membeli Cendol saya, sedangkan ini ada 3 penjual es cendol? Jadi teman-teman segmentasinya itu ditentukan oleh pembeli cendol, pertama orang membeli Cendol kita karna khas rasanya yang membuat beda, yang kedua karena layanan, ketiga karna kualitas, sehingga masalah harga konsumen tidak banyak komentar, itu lah yang kita sebut efisiensi dengan upaya yg kita lakukan semaksimal mungkin hingga menghasilkan output yang memuaskan. 

Creatif
Kreatif adalah menghubungkan antara tubuh fikiran dan dan jiwa, antara ilmu pengetahuan dan seni, antara fiksi dan non fiksi. Jadi setiap orang yang memiliki jiwa kreativitas mau dibidang apapun dia akan maju teman-teman, didalam dunia usaha tentu kreativitas sangat penting untuk kemajuan usaha kita, mungkin kali ini saya akan berbagi ala kreatif usaha saya ditengah pandemi, saya menggunakan makrekting revolusioner seperti saya jualan cendol berani tampil beda dengan ala-ala saya sendiri, pertama masalah harga, yg biasa nya orang-orang jualan minuman ala modern Mengunakan varian itu harga 10ribu ke atas saya berani menjual es cendol saya dengan harga 6ribu perk kap, yang kedua masala promosi atau penawaran, saya berani membuat seperti doorprize dengan hadiah-hadia yg cukup menari untuk memperkenalkan bran cendol saya agak orang kenal dan ingin membeli, sebab dengan adanya hal seperti itu kita membuat para konsumen penasaran. Jadi begitu teman-teman kreatif dalam wira usaha ala saya sendiri.
 
Help Konsen
Help Konsen dalam hal ini kita perlu tau, sebelum usaha yang ingin kita jalan kan, kita haru memikirkan kemungkinan terburuk, karna setiap usaha yang kita jalankan pasti ada hambatan rintangannya, seperti kehidupan kita teman-teman, tidak mulus seperti apa yang kita fikirkan, jadi kita membutuhkan waktu, tenaga, fikiran.
"Jika kamu gagal jangan tangis keadaan, tapi tangisilah harapan yang tidak kmu perjuangan, sebab jika kamu belum pernah merasakan kegagalan itu artinya kamu belum meng etahui arti sebuah keberhasilan"
Kita butuh waktu untuk berfikir agar usaha yang kita jalankan trus berjalan ketika saat terpuruk, kita fikirkan masalah dan hambatanya sehingga bisa kembali memunculkan ide segar dan strategi pemasaran penjualan yg bagus. Jadi konsitensi itu sangat perlu jangan mudah menyerah, karna setiap masalah yang kita hadapi tuhan telah menyediakan jalan keluarnya, asalkan kita jangan putus asa. 

Help People
Help People, teman-teman kita tau keadaan kita saat ini, situasi kita saat ini, yang mana dilanda oleh pandemi covid-19, bnyak orang yang risain dari pekerjaan, banyak juga yg di PHK, sedangkan pengangguran masih merajalela, sehingga dalam wirausaha ala saya, saya memprioritaskan Help People atau membantu orang-orang, ini juga konsep yang dicontohkan Rasulullah saw, bahwa iya berdagang bukan sekedar berdagang dengan mendapatkan keuntungan, namun ia berdagang sambil membantu orang yang kesusahan dan membutuhkan, kenapa saya katakan Help People sebelumnya sudah saya sampaikan tadi biasa nya orang-orang membuat harga minuman modern itu 10ribu keatas saya berani menjual dibawahnya, dengan harga 6ribu dengan keuntungan seribu rupiah dari setiap sajuab kap cendol yg saya jual, karna dari pengalaman yg sudah sudah saat harga 10ribu bnyak orng yg ingin beli namun tak jadi membeli, akhirnya ya saya konsep ulang bagai mana saya tidak rugi konsumen tidak keberatan dalam membeli. Yang kedua Help People yg saya terap adalah saya membuka mitra usaha, ini salah satu cara saya membantu orang-orang yang ingin membuka usaha, dengan saya menjual peralatan dan perlengkapan cendol siap jualan, dari meja hingga produk yg dijual, dan Alhamdulillah sudah ada 3 mitra yg bergabung. Itu lah salah satu Help People yg saya terapkan. 
Online
Online ya online adalah strategi marketing yg strategis di era 4.0 sebab setiap orang sudah memiliki gajet, android, sehingga orang-orang memiliki media sosial, kehidupan sekarang merasa kehidupan online di dunia maya, apa lagi ditengah pandemi saat ini sangat bagus jualan online, agar pemasaran barang kita lebih luas bahkan mendunia.

Teman-teman sebelum kita jualan ada baiknya teman-teman menjawab pertanyaan ini
1. Apa yg kita jual?
Seperti saya saya kan jual cendol jadi kenapa saya jual cendol kmren karna saya pikir cendol adalah minuman khas tradisional yg peminatnya dari anak-anak hingga nenek nenek, apalagi saya buat varian yg modern jadi kaula muda juga tertarik. 
2. Berapa harganya?
Jadi harga nya sesuai dengan konsumen dan kualitasnya
3. Karna apa orang harus membeli produk kita?
Pertama haus, kedua karna rasanya khas dan enak. 
4. Kenapa orang beli dari saya?
Layanannya, kebersihanny, ramah.

 "Jangan hanya melihat dan terdiam. Harus berani melangkah, siap untuk kecewa, siap untuk gagal, siap untuk sendiri karena sebuah kesuksesan kita harus siap melewati itu semua"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MYFAMILY IS EVERYTHING

Dialog Kepemudaan

PETA PEMIKIRAN DAN GERAKAN ISLAM DI INDONESIA